Wednesday 19 November 2014

Cara Upgrade Galaxy Ace Plus S7500 ke Android 4.4.2 KitKat CM11

Setelah sekian lama menanti Android 4.4.2 KitKat untuk Galaxy Ace Plus akhirnya kini muncul juga.Walau sampai saat ini Samsung hanya merilis Android 2.3.6 Gingerbread sebagai firmware official namun Galaxy Ace Plus tetap bisa eksis dengan sistem operasi Android versi terbaru. Seperti yang sekarang kalian baca, Android 4.4.2 KitKat CM11 telah tersedia untuk Galaxy Ace Plus S7500.
Cara Mudah Upgrade Galaxy Ace Plus S7500 ke Android 4.4.2 KitKat CM11
Galaxy Ace Plus S7500
Untuk upgrade Galaxy Ace Plus S7500 ke Android 4.4.2 ternyata tidak perlu dalam keadaan Root tetapi anda harus mempunyai Custom Recovery seperti CWM Recovery versi terbaru.

Sebelum melanjutkan cara upgrade Galaxy Ace Plus S7500 ke Android 4.4.2 KitKat CM11 sebaiknya anda melakukan backup data penting yang ada pada ponsel anda..

Jika kalian ingin mengembalikan ke ROM semula saya sarankan Backup Nandroid/Full Backup menggunakan TWRP atau CWM Recovery dan jika hanya aplikasi dan data saja bisa menggunakan Titanium Backup atau aplikasi sejenisnya yang bisa kalian temukan di Google Play Store.

LAngsung saja berikut adalah langkah-langkah Upgrade Galaxy Ace Plus S7500 ke Android 4.4.2 KitKat CM11:

Langkah Pertama Upgrade Galaxy Ace Plus S7500 ke Android 4.4.2 KitKat CM11
  1. Download dan Instal driver USB Samsung Galaxy Ace Plus S7500, untuk mentransfer file antara perangkat Android dan komputer.Download Disini
  2. Aktifkan mode USB Debugging pada Galaxy Ace Plus S7500 untuk menghubungkan perangkat Android dengan komputer dan menggunakan SDK Android. 
  3. Galaxy Ace Plus S7500 harus memiliki daya baterai minimal 80% atau lebih! Kenapa? Karena apabila ponsel tiba-tiba mati saat proses install Custom ROM, Mods, Root dsb kemungkinan perangkat Android tersebut akan tidak bisa nyala sementara atau selamanya.
  4. Galaxy Ace Plus S7500 harus factory unlocked dan tidak terkunci ke operator tertentu saja. Kenapa? Karena jika perangkat Android terkunci/locked pada operator tertentu kemungkinan kalian akan sia-sia mengikuti tutorial ini. 


Cara Upgrade Galaxy Ace Plus S7500 ke Android 4.4.2 KitKat CM11

  • Langkah 1 - Silahkan Download SpeedMod KitKat 4.4.2,  Gapps Lite dan Auto-Rotation Bug Fix dan Wi-Fi Fix untuk Galaxy Ace Plus S7500.
  • Langkah 2- Sambungkan Galaxy Ace Plus S7500 ke PC dengan menggunakan kabel Data/ USB Cable
  • Langkah 3 - Copy file yang sudah di download tadi ke kartu memori.
  • Langkah 4 - Matikan Galaxy Ace Plus S7500.
  • Langkah 5 - Yakinkan ponsel dalam keadaan mati kemudian nyalakan ponsel dengan menekan tombol Volume UP+ Volume Down + Menu + Power secara bersamaan. Ikuti petunjuk navigasi pada layar. Pilih Bootloader dan kemudian arahkan ke RECOVERY.
  • Langkah 6 - Sekarang ponsel berada pada ClockworkMod Recovery mode, pertama silahkan Wipe Data,  Wipe Cache, masuk Advanced -> Wipe Dalvik Cache, Format Partition System (ini akan mengembalikan ponsel kepengaturan awal jadi ingat aplikasi yang berada pada internal memory akan hilang).
  • Langkah 7 - Dalam Recovery Mode , pilih Install zip from sdcard kemudian choose zip from sdcard. Kemudian arahkan ke file “sm kitkat.zip” yang sudah di download dan di salin ke kartu memori tadi. Pilih menggunakan tombol Menu/Power dan mengkonfirmasi instalasi dengan memilih Yes pada tampilan berikutnya
  • Langkah 8 - Proses install berjalan dan tunggu proses selesai.
  • Langkah 9 “ Ulangi langkah nomer 7 namun pilih “SpeedGapps_lite.zip”.
  • Langkah 10 “ Ulangi langkah nomer 7 namun pilih “FIX_SM_KK.zip”.
  • Langkah 11 - Sekarang reboot Galaxy Ace Plus S7500 dengan cara kembali ke halaman utama CWM Recovery dan pilih Reboot System Now. Tunggu kira-kira 5-10 menit untuk pertama kali boot ke sistem.


Catatan : Jika Galaxy Ace Plus S7500 terjebak di booting animasi (setelah langkah-11) silakan masuk ke recovery mode dan melakukan langkah tambahan dengan memilih wipe data/factory reset, wipe cache partition dan kemudian pilih System Reboot now.
Nah sekarang Galaxy Ace Plus S7500 anda sudah menjadi Android 4.4.2 KitKat CM11, sekian dan terimakasih.

0 komentar:

Post a Comment