Monday 17 November 2014

4 Langkah Mudah Membuat Aplikasi Android


androidDevelopers
Siapa bilang membuat aplikasi Android susah? Cukup dengan langkah sederhana Oprekers pun sudah bisa memilikinya. Seperti apa?
Android disebut-sebut sebagai mobile platform dengan perkembangan tercepat sepanjang sejarah dunia. Dalam setahun terakhir, sistem operasi mobile yang dimiliki Google itu mencatat pertumbuhan hingga 861 persen. Dengan perolehan tersebut siapa yang tidak kenal kecanggihan robot hijau ini. Sejak kemunculannya, Android telah digadang akan memiliki banyak pengguna dan memimpin dunia teknologi. Beragam perangkat seperti tablet, smartphone dan jam tangan pun telah menggunakan sistem operasi ini.
Tak hanya perangkat, pertumbuhan aplikasi Android pun juga melesat.  Hal ini memberikan keuntungan yang besar bagi para pembuatnya. Sistem operasi Android yang bersifat terbuka (open source) memungkinkan banyak pengembang membuat berbagai aplikasi. Namun, terkadang, mereka tidak tahu harus memulai dari mana. Oprekers ingin mencoba membuat aplikasi Android? Ini dia langkah-langkah membuat aplikasi Android yang bisa Oprekers lakukan secara online.
Langkah 1
Manfaatkan software yang ada
Google-wants-to-teach-you-how-to-develop-for-mobile
Langkah pertama untuk membuat aplikasi Android secara online adalah dengan memanfaatkan sebuah Tools yang ada. Saat ini sudah banyak Tools yang beredar dan Salah satu Tools yang saat ini cukup populer di gunakan adalah iBuildApp yang memungkinkan Oprekers membuat aplikasi Android dengan cepat, mudah dan gratis. Selain itu, “mesin” pembuat aplikasi Android ini juga dapat membuat Oprekers memperluas aplikasi yang telah dibuat ke khalayak umum dan memperbarui konten yang ada di dalamnya secara realtime.
Yang menarik dari iBuildApp adalah adanya kemudahan pada pengembang dalam membangun aplikasi tanpa harus direpotkan dengan coding. Saat membuatnya, Oprekers hanya akan membutuhkan HTML dan JavaScript yang memang telah disediakan dalam program ini. Tidak hanya itu saja, Oprekers juga dapat membuat aplikasi dengan mengoptimalkan fungsi dan fitur yang memang telah terdapat padasmartphone atau tablet berbasis Android, seperti sensor accelerometer, kompas, giroskop, kamera dan phone book.

Langkah 2
Pilih Template Sesuai Kategori Aplikasi
image[16]
Anda bisa membuat aplikasi Android menggunakan iBuildApp dengan mendaftarkan akun Oprekers secara gratis. Setelah Oprekers mendaftar dan login, Anda bisa mulai mulai membuat aplikasi Android dengan mengklik fitur Make Your Own App. Dalam fitur tersebut, Oprekers bisa memilih kategori template sesuai jenis aplikasi Android yang akan dibuat, seperti Blogs and Magazine, Photography, Sport, Small Business, Commerce dan Restaurant. Selain kategori diatas, terdapat juga versi premium dan berbayar. Namun untuk permulaan, Oprekers bisa memanfaatkan template gratis tersebut.
Langkah 3
Mendesain sesuai kebutuhan
google-android-21-wireframe-stencil
Setelah menemukan template yang sesuai, Oprekers bisa melanjutkan langkah dengan menekan tombol Create App. Dengan masuk ke dalam fitur tersebut, Oprekers kini memasuki ruang desain dan bekerja layaknya seorang developer profesional. Di dalam fitur tersebut, Oprekers bisa menentukanbackground, manage navigation, set logo, manage content dan memilih splash screen. Oprekers jangan ragu untuk menggunakan fitur ini karena jika terjadi kesalahan, Oprekers dapat mengulangnya dengan mudah.

Langkah 4
Publikasikan Aplikasi Anda !
Untitled
Jika OprekersAnda selesai mendandani aplikasi, jangan lupa untuk menekan tombol save dan memberikan nama yang sesuai pada aplikasi yang telah Oprekers buat. Setelah Oprekers yakin telah menyelesaikan sebuah aplikasi Android, Oprekers sekarang bisa mempublish aplikasi tersebut untuk dipajang di website iBuildApp Store. Bagaimana, mudah sekali kan membuat aplikasi Android secara online?
Oprekers juga bisa mengakses dan membuat aplikasi Android dalam iBuildApp dengan memanfaatkan smartphone. Saat Oprekers mengakses program ini, Oprekers akan dihadapkan langsung pada menu utama yang berisikan ikon menu seperti Create Your App, Upload Your Content, Host Your App dan Real-time Update. Selanjutnya, Oprekers tinggal mengikuti step seperti di atas dengan memulainya pada Create Your App.
Dengan cara yang sangat mudah, kini Anda bisa membuat aplikasi Android sendiri. Hal ini juga sangat pas bagi Oprekers yang ingin membuka usaha online dengan memanfaatkan aplikasi Android untuk memperlengkap strategi marketing digital bisnis dan untuk memudahkan interaksi dengan pelanggan. Selamat mencoba!
(Dari berbagai Sumber)

0 komentar:

Post a Comment